" Selamat datang di portal bugis mali sipara'pe re'ba si pato'kong malilu sipakainge"

Senin, 07 Desember 2009

Keris Bugis Makassar

keris

Keris adalah sejenis senjata tikam khas yang berasal dari Indonesia, atau mungkin lebih tepat Nusantara. Berdasarkan dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9. Kuat kemungkinannya bahwa keris telah digunakan sebelum masa tersebut.

Penggunaan keris sendiri tersebar di masyarakat rumpun Melayu. Pada masa sekarang, keris umum dikenal di daerah Indonesia Malaysia, Brunei, Thailand, dan Filipina (khususnya di daerah Mindanao).

Keris memiliki berbagai macam bentuk, misalnya ada yang bilahnya berkelok-kelok (selalu berbilang ganjil) dan ada pula yang berbilah lurus. Sebagian Orang menganggap perbedaan bentuk ini memiliki efek esoteri yang berbeda.

Selain digunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap memiliki kekuatan supranatural. Senjata ini sering disebut-sebut dalam berbagai legenda tradisional.

Tata cara penggunaan keris berbeda-beda keris ditempatkan di pinggang bagian belakang pada masa damai tetapi ditempatkan di depan pada masa perang.

Selain keris, masih terdapat sejumlah senjata tikam lain di wilayah Nusantara, seperti rencong dari Aceh, badik dari Sulawesi serta kujang dari Jawa Barat. Keris dibedakan dari senjata tikam lain terutama dari bilahnya. Bilah keris tidak dibuat dari logam tunggal yang dicor tetapi merupakan campuran berbagai logam yang berlapis-lapis. Akibat teknik pembuatan ini, keris memiliki kekhasan berupa pamor pada bilahnya.

Jenis Keris Bugis:

  1. Bahagian Keris, View Pic
  2. Keris Bugis, View Pic
  3. Sempana Log 9. View Pic-1, Pic-2, Pic3, Pic4, Pic5
  4. Keris Sepukal. View Pic-1, Pic-2, Pic3, Pic4, Pic5
  5. Gambar Jenis Senjata Tikam Bugis Makassar Vie Pic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar